10
Ini yang harus dimiliki setiap orang sebagai syarat menjadi pemimpin yang baik seperti berikut:
1. Harus Cerdas
Setiap memimpin harus selalu mengupdate ilmunya, sehingga tidak ketinggalan informasi. Selain itu juga, ia harus cerdas agar tidak mudah ditipu oleh bawahannya. Ia harus terus rela menghadiahkan waktunya secara berkesinambungan khusus untuk belajar. Ia belajar dari berbagai sumber, dari alam, dari para guru atau ulama’ bahkan ia siap juga belajar dari orang yang berumur jauh di bawahnya. Yang penting konsepnya adalah bagaimana agar dari hari ke hari ilmunya terus bertambah dan bertambah.



2. Harus Mampu Mengembangkan Kreatifitas Masyarakatnya
Setiap program atau kebijakan yang ia keluarkan, dasarnya selalu bukan kepada untuk kepentingan pribadi semata. Namaun ia memandang jauh ke depan agar para bawahannya mendapatkan pembelajaran yang akan mampu menjadi modal perbaikan hidupnya di masa mendatang. Ia tidak suka menyusun program yang sifatnya hanya sebatas ceremonial saja atau sebatas formalitas saja, tanpa ada kebaikan dan kontribusi positif dari bagi bawahan dan masyarakatnya. 

3. Harus Siap Menerima Masukan ataupun kritikan
Cercaan dan kritikan pasti akan selalu ada. Pemimpin yang baik akan menyikapi kondisi itu dengan bijaksana. Ia akan menjadi pendengar yang baik atas semua masukan dan kritikan itu. Ia tidak lantas membangun budaya emosi yang langsung meluap tatkala mendengar cibiran tersebut. Ia justru akan tersenyum karena baginya kritikan tersebut adalah masukan yang sifatnya membangun dan ia akan langsung berusaha untuk memperbaiki diri agar menjadi pemimpin seperti harapan masyarakatnya.

4. Harus Memasyarakat
Pemimpin yang baik tidak membatasi dirinya untuk mencari kawan, ia akan turun ke jalan dan menyapa siapa yang ia temui. Ia tidak hanya hadir dalam forum besar, namun iapun akan hadir dalam jamuan yang lakukan oleh rakytnya. Ia akan menjadi teman yang baik bagi rakyatnya dan akan mendengarkan keluhan rakyatnya dengan seksama. Ia kadang memilih tidur bersama warganya daripada menduduki kasur dan bantal empuk dengan ruangan berACC di rumahnya.

5. Harus Menghargai Setiap Kreatifitas Masyarakatnya
Pemimpin yang baik selalu menghargai pendapat orang lain. Tidak mentang-mentang karena ia pemimpin kemudian berbuat sesuka hati. Jika ada program baik yang ditawarkan oleh para bawahan, ia akan sangat mengapresiasi dan langsung menyetujui program tersebut. Namun kalaupun belum menerima program tersebut, sang pemimpin akan memberikan penjelasan dengan sebijak-bijaknya agar bawahannya tidak merasa tersinggung.

6. Harus Mau Bekerja lebih dari orang rata-rata
Pemimpin yang baik, pasti ingin melakukan yang lebih terhadap organisasi yang ia pimpin. Ia selalu ingin memberikan yang terbaik agar bisa membawa organisasinya berprestasi. Ia bekerja di atas orang rata-rata. Jika orang bekerja 8 jam sehari maka ia akan bekerja 9 atau 10 jam. Jika orang rata-rata bekerja 10 jam sehari, maka ia akan bekerja 11 atau 12 jam dalam sehari. Ia bangun saat orang tidur, ia berjalan saat orang diam, ia berlari saat orang berjalan, ia sudah samapi saat orang berlari.

7. Harus Memiliki Tujuan yang Jelas
Mengharapkan sesuatu yang lebih baik dimasa mendatang hanya akan menjadi mimpi jika tidak dibarengi dengan langkah-langkah yang jelas untuk menggapainya. Pemimpin yang mau maju selalu merumuskan langkah-langkah untuk meraih tujuan akhirnya. Ia akan menentukan tujuan itu dengan sejelas-jelasnya dan dibarengi dengan tindakan yang nyata. Ia tidak pernah diam, jika sudah selesai melakukan satu tugas maka ia akan beranjak untuk mengambil tugas yang kedua, ketiga dan seterusnya.

8.  Sebagai Pelayan Masyarakat
Pemimpin yang baik akan menyadari bahwa menjadi pemimpin itu hakekatnya adalah melayani. Oleh karena itu setiap kebijakan yang akan diambil dan diputuskan selalu di atas kepentingan masyarakatnya bukan kepentingan pribadinya. Ia selalu berjalan di atas kepentingan masyarakatnya. Jika harus ada pilihan program, maka ia akan memilih program yang memihak pada masyarakat yang dimpimpinnya.

Post a Comment

  1. Senangnya bisa berbagi,,,,
    Usul pak :
    Kalo bisa, tag "baca juga ", naruhnya diakhir artikel aza. Biar artikel yang sedang dibaca konsentrasinya gak terganggu ma taq-nya....

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Di zaman sekarang lumayan jarang pemimpin yanG memenuhI syarat2 tsb.....tapi jika semua pemimpin membaca artikel bapak INSYA ALLAH akan sadar sendiri...dan semoga kita mendapatkan pemimpin, baik pemimpin negara, kampus, organisasi dan lain sebagainya memenuhi syarat2 diatas...AMIIN...
    #NOTHING_IS_IMFOSIBLE

    TI_IIB

    ReplyDelete
  4. Saya setuju dengan artikel bapak....tapi kalo di lihat dari sudut pandang jaman sekarang kebanyakan pemimpin yang terlena melihat uang dan jabatan.... Jarang ada pemimpin yang banar-benar mengabdi pada negara,masyarakat maupun agama... Dan juga jarang ada pemimpin yang berperinsip berani berbuat berani bertanggung jawab...Tapi mudah-mudahan dengan artikel bapak ini semua kalangan pemimpin dinegara kita ini manjadi sadar...bahwa dia seorang pemimpin,bukan orang yang dipimpin....
    (ISI HATI SAYA KEPADA PEMIMPIN NEGARA INDONESIA)
    islam di negriku telah hancur....!!!
    siapa yang menghancurkanya...???
    angin halus yang membuai lalu,islamku ngantuk dan tertidur di pucuk pohon dan terjatuh karena terlelap...!!!
    ku coba pejamkan mataku untuk membuka mataku yang lain.
    tampak ku lihat jendral soedirman menangis...!!!
    yang mulia bapak soekarno tertunduk merintih...!!!
    Dan ribuan pentakbir pengusir penjajah kafir masa lalu menjerit menyesal telah mewariskan kemerdekaan pada generasi tak tau berterima kasih...!!!
    wahai bangsa yang lupa diri...!!!
    apa arti mengheningkan cipta yang kau lakukan saat upacara bendera??? kau pejamkan matamu tapi hatimu buta tak melihat darah mereka yang mengalir!!! para pejuang!!!
    lihatlah anak cucumu sedang asyik bergoyang sedangkan nyawa mereka telah sampai di Ubun-ubun...!!!
    wahai negriku!!! ucapkan syahadat dalam sekaratmu ini!!!
    TUTUR SANG DEBU UNTUK BANGSA YANG PELUPA.....


    Cukup sekian pak....terima kasih atas artikel-artikel menarik yang sudah bapak buat.....

    BY:AHMAD YUSRON SAHRI (TI B) SEMESTER=II

    ReplyDelete
  5. di zaman sekarang menemukan pemimpin yang tertera dalam artikel ini sangat sulit... semoga dengan membaca artikel ini para calon pemimpin kita bisa menjadi lebih baik lagi.. dan bagi para pemuda penerus bangsa jangan pernah takut untuk menjadi pemimpin

    ReplyDelete
    Replies
    1. seuai dengan komentarnya,,,jadi saya sarankan saudara jadi pemimpin kelas TI 2A :)

      Delete
  6. membicarakan masalah pempin dan kepeimpinan memang tidak habisnya,kriteria pemimpin yang bapak utarakan pada artikel tersebut adalah pemimpin impian semua umat,sangat sulit menemukan bahkan menjadi pemimpin seperti itu,akan tetapi bersyukurlah,karna dunia ini pernah ada pemimpin yang seperti kriteria diatas,yaitu sekitar 1.400 tahunan silam,saat dimana utusan terakhir dari tuhan kita,ALLAh S.W.T mengutus nabi besar MUHAMMAD S.A.W,disaat itulah kita yakini dan harus meyakini keberadaan dan kehebatan kepemimpinannya bahkan beliau ditempatkan pada posisi pertaa sebagai orang paling berpengaruh didunia karna berkat kepemimpinannya,bahkan beliau tidak hanya menjadi seksedar pemimpin tapi juga melahirkan peimimpin pemimpin yang hampir sehebat beliau yang diantaranya adalah khalifah umar yang sangat peduli dengan rakyatnya.
    beliau dan para khalifah tersebut bisa meraih kriteria sebagai pemimpin dambaan umat bukan hanya mengandalkan kepintaran dan kecerdasan semata,namun yang paling diutamakan adalah menjalankan ketaatan pada aturan aturan yang telah diatur oleh sang maha pengatur ALLAH SWT. memang kecerdasan/kepintaran sangat siperlukan pada zaman sekarang ini,akan tetapi yang paling harus diutamakan sebagai manusia dan hamba ALLAH adalah menjalanai aturan yang sudah diatur oleh sang maha pengatur. sekian,terimakasih dan mohon maaf atas segala kekurangan.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. saya sangat setuju dengan syarat pemimpin yang ada dalam artikel tersebut.karena jika kita ingin menjadi pemimpin, kita harus berusaha untuk lebih baik dari yang kita pimpin. jika yang kita pimpin lebih baik dari kita,maka kita mudah untuk di bodohidan ditipu.

    ReplyDelete

 
Top