8
Oleh: Muhammad Hifni

Bagaimana perasaan anda saat dikritik orang lain yang hanya memandang diri anda hanya dari sudut pandang mereka saja? Tanpa mau berfikir tentang apa masalah yang sesungguhnya yang sedang anda hadapi saat itu atau tanpa terlebih dahulu mencoba memposisikan diri mereka layaknya posisi anda saat itu.

Jika anda merasa sakit hati dan sangat tersinggung dengan cara mereka seperti itu, maka itu sangatlah wajar. Wajarnya karena hakekat mendapatkan kritikan itu sesungguhnya seperti kita sedang menelan pil pahit diwaktu sehat, yang akan membuat rasa sakit pada diri, jika tak memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Oleh karena itu, bagi anda yang suka mengkritik, perhatikanlah itu. Tak ada orang yang ikhlas suka dikritisi di dunia ini, kecuali para Nabi. Tapi kritikan itu tetap penting jika menyangkut tentang perbaikan untuk kepentingan yang dikritisi atau demi kepentingan bersama. Bagi para pengkritik anda harus memahami konsep dasarnya bahwa setiap kritikan itu mirip rupanya seperti pedang yang ditancapkan di dada.

Mungkin kita tidak bisa merubah pil pahit itu menjadi semanis madu, karena bahan bakunya dari bahan-bahan kimia, namun kita bisa menggandengnya dengan madu atau air sehingga terasa lebih nyaman saat diminum, pahitnya tak akan terlalu berasa. Inilah kesadaran yang penting dimiliki oleh para mengkritik.

Beberapa hal penting yang harus kita perhatikan saat ingin menilai orang untuk dikritisi yakni,

#1 Hindari menilai orang hanya dari kaca mata pribadi kita. Apalagi atas dasar itu, lantas kita memberikan  kesimpulan tentang orang tersebut. Ini pemikiran picik namanya. 

#2 Sebelum memberikan kesimpulan atas orang lain, cobalah terlebih dahulu agar memposisikan diri sebagai orang yang akan kita kritisi. Dengan begitu, kita akan lebih bijaksana saat memberikan kesimpulan, tidak tergesa-gesa.

#3 Usahakan berikan permakluman sebelum memberikan kritikan, seperti permohonan maaf, ijin dan sebagainya. Tujuannya agar yang kita kritisi tetap merasa dihargai dan tetap merasa dihormati.

#4 Pilihlah kata-kata yang memungkinkan saat orang yang kita kritisi mendengarnya, ia tak merasa dihina, tak merasa dimaki tetapi tetap merasa dihargai.

#5 Terakhir, pilihlah waktu dan tempat yang tepat. Berikan jaminan bahwa kita tidak sedang menasehati di tempat keramaian, karena itu akan mengakibatkan orang yang kita kritisi akan merasa dihina dan tak dihargai.

Demikian beberapa catatan yang penting untuk menjadi perhatian kita saat akan memberi penilaian terhadap orang lain.    

#Salam Literasi

Post a Comment

  1. alhamdulillah selama di keritik. keritikan itu selalu saya anggap sebagai motivasi untuk bangkit. dan juga banyak ibrah yg saya dapatkan dari catatan catatan bapak. matur tampi asih bapak.

    ReplyDelete
  2. geh memang keritikan itu terkadang bisa menyinggung perasaan orng yang di keritik,, akan tetapi tampa keritikan kita tak akan bisa maju,, asalkan terpenting dalam mengkeritik seseorang harus menjaga situasi,waktu, dan harus mengatur tata bahasa dalam mengkeritik agar orng tersebut tidak tersinggung,,,
    semoga tulisan bapak selalu berkembang dan menjadi motifation bgi kami yang membacanya,,

    ReplyDelete
  3. betul pak.....tanpa kritikan orang, kita gak bisa koreksi diri kita sendiri.......dan kita tidak akan tau kekurangan yang kita miliki.....oleh karena itu, kita ambil hikmahnya saja dari kritikan yang diberikan oleh orang ,,,,

    ReplyDelete
  4. Seeetuju banget pak jika ingin mengkritik seseorang itu perlu juga adapnya jangan langsung mengkritik saja tanpa memperhatikan adap dalam mengkritik. Jika kita mengkritik seseorang tanpa memperhatikan adap yang ada maka tentunya seseorang yang kita kritik bukannya menerima kritikan malahan akan menjadikannya permasalahan yang berujung kepada perkelahian atau permusuhan yang menyebabkan hubungan kita dengannya menjadi rusak.

    ReplyDelete
  5. dengar dulu baru berkomentar
    lihatlah dulu baru memastikan
    pelajarilah dulu baru menjawab
    pahamilah dulu baru menyimpulkan.

    that's simple.

    ReplyDelete
  6. dengar dulu baru berkomentar
    lihatlah dulu baru memastikan
    pelajarilah dulu baru menjawab
    pahamilah dulu baru menyimpulkan.

    that's simple.

    ReplyDelete
  7. saya rasa setiap orang mempunyai hak untuk mengkritik seseorang yang kita anggap menyimpang dari pemikiran kita, tetapi tentunya kita juga harus memikirkan atau memilah kosa kata yang tepat sehingga tidak menyinggung perasaannya.
    kita pun demikian, kita perlu mendaptkan kritikan dari seseorang sehingga dengan kritikan itu kita bisa belajar untuk memperbaiki diri menjadi manusia yang lebih baik lagi.
    Jadi, Jadikanlah kritikan itu sebagai cambuk untuk merubah tingkah laku kita, kepribadian kita menjadi lebih baik lagi..

    ReplyDelete
  8. #1 Hindari menilai orang hanya dari kaca mata pribadi kita. Apalagi atas dasar itu, lantas kita memberikan kesimpulan tentang orang tersebut.

    setuju dengan hal ini, moga bisa di lakukan,,

    ReplyDelete

 
Top