2
"Edisi silaturahmi yang mencerdaskan"

Semua pasti tau apa itu Bata. Ya, perlengkapan yang biasa digunakan untuk menembok sebuah bangunan (contoh: rumah, masjid, gereja, rumah sakit dan lain-lain). Pernah berfikir tidak kalo bata itu menyimpan sebauh rahasia bagaimana menjadi orang yang sukses. Bata mengajarkan kita tentang itu. 

Kok bisa?? Mengajarkan sukses darimana??
Coba perhatikan sebuah bata sebelum ia benar-benar disebut bata yang baik dan layak dipergunakan.

Pertama, dalam peroses pembuatan awal, bahan baku utamanya adalah tanah liat. Tanah liat tersebut akan di campur dengan air, kemudian di ratakan dengan cangkul, kadang diinjak hingga benar-benar bercampur air dengan baik. Tidak sampai disana, sebelum sampai pada proses yang kedua, campuran tanah dan air tersebut harus harus dipastikan sudah menyatu dengan baik. Hasil campuran yang baik dapat ditandai dari rupa hasil campurannya dengan lembut. Jika belum, maka akan di injak lagi sampai hingga mendapatkan campuran yang lembut.

Kedua, proses selanjutnya hasil campuran yang telah diperoleh tadi akan dimasukakn ke cetakan. Pada saat memasukkan ke cetakan, calon bata tadi harus di pukul-pukul agar merata padat didalam cetakan. Jika tidak dipukul dihawatirkan akan mengakibatkan hasilnya nanti tidak maksimal.

Ketiga, setelah selesai dari cetakan, calon bata tadi harus dijemur. Tujuannya untuk dikeringkan. Proses ini membutuhkan sampai 2-3 hari. 

Keempat, proses yang menentukan yaitu melakukan pembakaran. dalam proses pembakaran harus diyakinkan menggunakan api yang baik. Dari hasil pembakaran ini, jika tidak benar-benar baik maka bata yang akan dihasilkan tidak akan baik pula.

***
Coba bayangkan, untuk menjadi sebuh bata saja harus rela melewati proses yang tidak mudah.Dari di CANGKUL, di INJAK, di PUKUL, di KERINGKAN di bawah sinar matahari berhari-hari, di BAKAR. Jika satu langkan saja terlewatkan atau dikerjakan dengan seengah-setengah maka bata yang akan dihasilkan tidak akan baik pula. 
Mestinya hidup juga demikian, untuk menjadi seorang yang suskses tidak ada jalan instan, tidak ada jalan sim salabim, harus mau mengikuti proses yang panjang. Dan yakinlah ujian apapun bentuknya yang sedang kita hadapi dan alami saat ini, itu adalah cara CANTIK Allah untuk membuat kita menjadi hamba yang hebat pada akhirnya. 

Tetap tersenyumlah karena BADAI PASTI BERLALU, JIKA MALAM SUDAH PEKAT MAKA AKAN PERTANDA PAGI AKAN MENJELANG. Hadapi dan nikmati saja. Innallahamaana :) 

Post a Comment

  1. sungguh menarik motivasi dari bata betapa banyak peroses yang di lalui sehingga sampai terbentuknya menjadi bata yang berkualitas.pada dasarnya seluruh benda dimuka bumi ini merupakan alat seorang insan untuk mendekatkan diri kepada tuhannya. perlu di ingan juga bahwa dua garis besar yang harus di ingat:
    pertama seseorang itu harus berfikir
    kedua seseorang itu bersyukur.dalam upaya apapun seseorang harus berfikir terhadap apa saja yang dilakukan misalsaja:seorang pengusaha dia harus berusaha semaksimal mugkin bagaimana cara memenej,mengembangkan,menjaga dan sebagainya,setelah menjalankan upaya tersebut maka seorang harus bersyukur,sekecil apapn yang di dapatkan hasil seseorang tidak akan kecewa.kalau salahsatu tidak ada tidak akan mungkin seseorang merasa sukses.orang hanya berfikir tidak bersyukur hanya mendapatkan angan-angan yang tidak ada henti.seseorang tidak pernah berfikir maka tidak akan pernah dia akan bersyukur karna tidak tau apa yang akan di syukuri.orng yang berfikir tentu betapa banyak hikmah yang d dapatkan bagi orang yang tidak berfikir tentunya dia hanya memandag bata itu berupa tanah yang bergumpalan berbentuk bata itu saja yang dia tau selebihnya bisa saya mengatakan alat pembagunan saja .mari q
    kita berfikir dan bersyukur

    ReplyDelete
  2. terimaksih atas motivasi pak sungguh berharga ternyata batu bata bisa di jadikan pelajaran untuk bisa menjadi orang sukses. ternyata untuk menjadi orang sukses membutuhkan banyak peroses yang di lalui sehingga bisa di katakan sukses.

    ReplyDelete

 
Top