0
Setelah membaca artikel yang ada di dream.com, saya mendapat pencerahan tentang bagaimana memulai bisnis. Kebetulan yang menyampaikan hal itu adalah presiden Jokowi yang notabenenya juga adalah pengusaha juga di bidang mebel diawal karirnya dulu.
Ada 3 tips jitu yang disampaikan oleh pak jokowi bagi yang berniat ingin menjadi pengusaha dan semestinya harus dimiliki oleh setiap para pengusaha muda. Tiga hal tersebbut yaitu 1) jika sudah punya niat, maka MULAILAH; 2) Fokuslah; dan 3) Jika jatuh, bangun lagi.
Rincian tiga hal tersebut yaitu:
1.    Jika sudah ada niat, MULAILAH
Banyak dari pengusaha muda jika ingin menjadi pengusaha, pasti sebagian besar memikirkan modal berupa uang. Padahal itu tidak menjadi hal penting nomor wahid yang mesti dipikirkan. Yang mesti dilakukan menurut Pak Jokowi adalah MULAI saja dari hal yang kecil, dari usaha yang tak butuh modal besar. Tujuannya agar jika jatuh tidak terlalu sakit karena masih ringan.
2.    Fokuslah
Jika usaha sudah dipilih, hendaklah seorang pengusaha pemula fokus pada pilihan usaha tersebut dan mengabaikan jenis usaha yang lain untuk sementara. Tujuannya agar bisnis bisa lebih konsen diperhatikan, dan jika ada masalah akan lebih mudah diselesaikan dan mudah ditemukan. Jika dirasa usaha tersebut sudah berjalan dengan baik, baru berfikir untuk menggeluti jenis usaha lainnya.
3.    Jika jatuh, bangunlah
Inilah tantangan yang setiap pengusaha pasti akan mengalaminya yaitu KEGAGALAN. Ketika itu menghadiri seorang pengusaha, jarang dari para pengusaha mampu bangkit lagi. Inilah tantangan yang berat bagi para pengusaha, terutama bagi para pengusaha pemula. Jadi jika ingin usaha agar sukses, maka rasa putus asa harus segera dibuang. Jika gagal, bangkit lagi, jika gagal, bangkit lagi dan lagi dan lagi.... begitu seterusnya. Tidak lantas, begitu usaha yang satu gagal, langsung beralih ke usaha yang lain, resikonya akan terus mulai dari nol dan nol terus. Inilah yang tidak boleh dianut oleh para pengusaha jika ingin suskses.
Itulah tiga tips jitu yang disampaikan oleh Pak Jokowi, semoga bermanfaat dan dapt kita terapkan bersama-sama demi kebaikan dan kesejahteraan hidup kita dimasa mendatang.

Ingat: milikilah motto “HIDUP HANYA SEKALI, HARUS BERMANFAAT TERHADAP SESAMA”.

Post a Comment

 
Top