0
Siapa yang tak mengenal sifat ini. Salah satu sifat tercela yang mestinya tidak boleh dimilki oleh kaum muslimin. Hal ini dikarenakan ajaran yang ada dalam islam itu sendiri. Sifat ini tidak hanya tidak diperbolehlakan terhadap sesama saudara baik satu keyakinan maupun beda keyakinan.
Namun su’uzon terhadap diri sendiri juga sangat dilarang. Memilki sifat ini berarti ibarat memelihara ular berbisa didalam diri kita. Ia tidak akan membuat sang pemiliknya untuk beranjak dari tempatnya, hanya stagnan di tempatnya. Ia tidak akan pernah bergerak kemana-mana, ia tak akan mampu meraih kesuksesan dengan gemilang, jalannya akan sangat lambat. Jika ada yang memberikannya amanah, ia akan menolak dengan tegas dan mengatakan ia tak mampu melakukannya.
Dikisahkan ada seorang khatib yang biasa menyampaikan isi khutbahnya dihari jumat. Pada gilirannya, ia mempersiapkan materi khutbahnya dengan baik dari melakukan editing, mengeprint, mencoret-coret kembali yang tidak penting hingga sampai mengeprint hasil terbaik. Dilihat dari isi khutbah, sudah tidak ada masalah. Dari segi seringnya latihan, sudah cukup juga. Secara umum persiapan sudah 100 %.
Hingga pada hari yang ditunggu, jumatpun datang. Ia datang di saat muazin mengumandangkan azan pertama. Setelah azan selesai, ia melakukan shalat rawatib dua rakaat sampai selesai.
Ada yang belum sempurna ia miliki, yaitu pada saat naik naik mimbar ia sudah berfikir negatif ke jamaah jumat. Ia merasa para jamaah tidak memperhatikan isi khutbah yang disampaikan, ia merasa sebagian jamaah memandangnya dengan sinis, ia merasa jamaah menganggapnya kurang berilmu untuk menjadi seorang khotib dan masi banyak perasaan negatip yang ia rasakan. Akibatnya, persiapan 100% yang sudah dilakukan hampir tak ada gunanya, ia menyampaikan materi dengan tergesa-gesa, bacaan Al-Qur’an dan hadisnyapun menjadi putus nyambung tak baik didengarkan. Padahal apa yang menjadi pikiran negatifnya sama sekali tidak benar, tidak beralasan.
***

Inilah efek negatif dari bersikap su’uzon terhadap diri sendiri. Oleh karena itu jika ingin menjadi orang yang terbaik dan leb9ih baik dari hari kehari, berusahalah untuk mejauhi sejauh-jauhnya sifat yang satu ini. Sembari sambil berdo’a kepada Allah agar kita terhindar dari sifat-sifat tercela yang sejenis dengan sifat di atas. Amiiin.

Post a Comment

 
Top