1
Terjadinya bencana memang sudah tidak bisa diingkari. Ia datang tanpa diundang dan perginyapun tanpa diminta. Setiap kehadirannya akan mampu memporak-porandakan alam di sekelilingnya. Kehadirannya tak pernah pilih kasih, ia datang kemanapun ia mau.
Bentuknya amat beragam, mulai dari puting beliung, tanah longsor, banjir, sunami, gunung meletus, gempa bumi dan lain sebagainya. Sebagian besar bencana yang terjadi saat ini akibat ulah manusia itu sendiri. Dengan kata lain, ia hadir atas undangan dari manusia itu sendiri. Contoh saja, banjir dan tanah longsor yang terjadi dikarenakan undangan manusia melalui penebangan pohon di hutan dan digunung.
Tetapi apapun bentuk bencana alam itu, akan selalu ada para malaikat tanpa tanda jasa. Para relawan akan bersukarela menyumbangkan tenaga, materi dan pikirannya untuk menolong sesama. Ia tidak dibayar, ia tidak gila jabatan dan ia tidak melakukan semunya sebagai bentuk pencitraan. Ia hanya melakukannya atas dasar kemanusiaan.

Beberapa jenis bantuan yang biasa sangat dibutuhkan oleh para korban yakni, pakaian layak pakai, mie, peralatan mandi (sabun, sikat, odol), obat-obatan dan beras. Kesemua itu dengan ikhlas disiapkan oleh para relawan dengan usaha mereka sendiri-sendiri, tentunya dengan jalan yang diterima oleh agama.
Jika relawan itu dari mahasiswa, maka ia akan turun ke jalan untuk mencari sumbangan. Jika relawan itu dari pengendara, maka ia akan rela menyisihkan sebagian hartanya untuk disumbangkan. Jika relawan itu dari seorang kepala sekolah, maka ia akan mendakwahkan kata "berbagi" kepada para santrinya agar mau menyisihkan uang jajannya seikhlasnya untuk disumbangkan.
Para relawan selalu memiliki cara untuk berbuat. Meski tanpa diiming-imingi kekayaan, jabatan, status PNS dan sjenisnya.
Hanya bisa berdoa semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan dalam setiap perjalanan hidupnya. Amiiin Ya ra.

Post a Comment

  1. Alloh berkehendak, manusia mnjalankan dan orang lain berkomentar. mungkin it klimat yg sll terjadi, meskipun relawan hxa brbuat atas dasar kmanusiaan sll ada sentilan dr orang lain bhwa itu mrp prbuatan riya' ;) y bgitulah ta tao be ke

    ReplyDelete

 
Top