0
Belajar Fokus

Semua kita pasti pernah berkendara menaiki sepeda motor, minimal dibonceng jika masih belum bisa mengendarai sendiri. Pada tulisan ini saya tidak akan membahas tentang dibonceng tapi sebagai pengendara saja.

Anda pernah berpergian ke suatu tempat dengan bersepeda motor? Pastinya. Dalam perjalanan mengendarai sepeda motor sesungguhnya terdapat pelajaran hidup yang luar biasa, yakni tentang efek dari FOKUS. Untuk menuju ke suatu tempat, kita bisa dengan cepat sampai dan bisa pula sangat telat sampai dan bahkan tidak akan nyampe-nyampe. Kok bisa?

Jika ingin cepat sampai maka tentunya kita membutuhkan kecepatan yang sangat tinggi dalam memacu sepeda motor yang dikendarai. Jika kecepatan sudah dijamin cepat, maka yang perlu kita indahkan adalah jangan coba-coba terlalu sering tengok kiri kanan apalagi belakang, karena yang ada kita akan menabrak atau ditabrak. Akibatnya kita tidak akan cepat sampai tepat waktu ditujuan.

Jika dalam perjalanan, mengharuskan kita ingin terus melihat pemandangan sebelah kanan kiri, maka mau tidak mau kecepatan motor harus diturunkan, misalnya dengan rata-rata 40-50 km/jam. Kalau memaksa diri ingin terus melihat panorama indah dikiri kanan kita dengan kecepatan tinggi maka sama artinya kita berusaha mencelakakan diri sendiri. Kalau dengan konsep ini, maka kita akan terlambat pula sampai ditujuan utama. 

Jika dalam perjalanan, kita terus memaksa diri menggunakan kecepatan tinggi dan berharap agar tetap bisa menikmati pemandangan kiri kanan dan depan belakang, maka siap-siaplah untuk tidak sampai ke tujuan, karena besar kemungkinan kita akan berujung di rumah sakit. 

#Dalam meniti karir hiduppun demikian, memaksa diri agar cepat sampai pada tujuan yang dicita-citakan. Namun pada saat yang sama, kita juga tetap ingin meraih banyak hal yang lain, maka bisa jadi umur kita tidak akan sampai ke tujuan utama karena habis digunakan untuk menyelesaikan dan menikmati capaian-capaian kecil kiri kanan kita. Kalaupun kita dianugerahkan umur panjang, bisa jadi kita melupakan tujuan akhir cita-cita tersebut karena sibuk menikmati aktivitas-aktivitaas kecil untuk mencapai semua yang kita inginkan.

#Agar cepat sampai, yang harus fokus. Fokus pada tujuan utama yang kita hajatkan, jangan terlalu sering tengok kiri kanan. Maksudanya, jangan terlalu banyak maunya. Lihat teman sukses di ini, ikut mengerjakannya. Lihat teman sukses di itu, ikut nyemplung disana. Jangan!!!. Harus ada self komitmen untuk fokus hanya pada satu tujan. Nahhh...ketika tujuan itu sudah tercapai, baru beranjak lagi ke capaian yang lain.

#Menasehati Diri Saja 
#Olahraga JARI pagi 

Post a Comment

 
Top