0
(Tips Gila Untuk Siswa)

Kemarin tepat tanggal 17 Juli 2017, siswa siswi se-Indonesia kembali ke Sekolah seperti biasa. Senin kemarin merupakan hari pertama bagi semua sekolah memasuki gerbang gudang ilmu tersebut. Begitu juga dengan sekolah kami di SMA Negeri 2 Aikmel. 

Hari pertama kami disambut dengan suara shalawat nabi yang membahana sembari setiap siswa melakukan salam-salaman dengan sesama teman dan guru, sebagai tanda  “zero-zero” atas semua kealfaan dan kehilafan yang dilakukan dimasa lalu hingga hari itu. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun, setiap selesai merayakan dua hari kemenangan yakni, moment idul fitri dan momen libur sekolah selama idul fitri...hehe 

Setelah kegiatan tersebut selesai, beberapa dari kami mengisi materi sebagai bekal awal untuk siswa siswi baru yang mungkin belum mereka terima di hari-hari sebelumnya. Dan saya termasuk bagian dari “pasukan” itu. Kebetulan saya mendapatkan satu materi dari panitia dan diminta mengisi di gugus 5 dari 6 gugus yang ada. 

Dalam proses penyampaian materi ada 3 hal yang saya share ke siswa baru. Yakni, 1) Selalu Mensyukuri apa yang kita dapatkan saat ini hingga akhir hayat, 2) Setiap ke sekolah agar meluruskan niat terlebih dahulu, 3) Ke sekolah jangan semata-mata cari nilai angka, dan 4) Tips agar masa SMA dapat dijalani sampai 4 hingga 5 tahun.

Dalam menyampaikan poin 1, 2 dan 3, teori yang saya sampaikan sesuai dengan teori keislaman yang ada. Dan saya yakin kita akan sepaham dengan teori tersebut. Hanya saja letak bedanya pada poin 4. Saya mencoba menyampaikan pemahaman kepada siswa dengan cara bertolak belakang, secara kontradiktif. Konsep ini sudah baku diterapkan dalam kamus matematika. 

Dalam konsep logika matematika, kita dikenalkan dengan konsep pembuktian secara kontradiktif. Maksudnya untuk meyakini kebenaran sebuah teori, kita bisa membuktikannya dengan ketidakbenarannya, antitesisnya. Dan ini diperbolehkan. 

Anda bingung? Sama kalo gitu...hehe

Poin 4 ini sesungguhnya “TIPS GILA”  dan bukan tips yang disarankan untuk dijalani, tapi harapannya agar  siswa harus mampu sejauh-jauhnya meninggalkannya. Adapun tips agar masa SMA dapat dijalani sampai 4 hingga 5 tahun sebenarnya kalimat lain dari tips agar tidak naik kelas (anda pasti sudah paham). Tips tersebut berisi meminta siswa agar melakukan beberapa kegiatan TAK BERMANFAAT berikut, (1) Sering-seringlah membuat guru jengkel, tersinggung dan kecewa, (2) Dari 6 hari sekolah selama seminggu, masuklah ke sekolah cukup 3 hari saja, sisanya alfa saja (jangan masuk sekolah), (3) Jika ada tugas yang diminta untuk diselesaikan dan dikumpulkan oleh guru, jangan pernah mau buat apalagi akan mengumpulkan, dan yang terakhir (4) sering-seringlah membuat huru-hara di sekolah, bisa dengan teman dan bahkan dengan guru. 

Maka dengan menjalani 4 tips ini, dijamin siapaun kalian (siswa), anak siapapun kalian, hatta sebagai anak bupati sekalipun, dijamin 1000000% kalian HARAM naik kelas.

Usai menyampaikan 4 tips tersebut, saya langsung meminta, “Silahkan yang siap menjalani 4 tips ini mohon tangannya diangkat!!!. Ehh ...ternyata semua siswa dalam kelas itu kelihatan hawatir, takut dan sebagian bilang, “kami tak pernah akan mau menjali semua tips itu pak guru, masak kami harus harus tinggal kelas, kasihan orang tua kami, kasian waktu yang yang terbuang.” Sayapun tersenyum mendengar jawaban. Dalam hati saya bilang, “TEPAT dan MENGENA. Sesuai dengan TUJUAN AWAL”.

#Ini cara saya... Teman-teman boleh TIDAK SETUJU    

Post a Comment

 
Top