0
Oleh: Muhammad Hifni

Mengalami semangat yang pasang surut adalah sesuatu yang lumrah dan wajar. Lumrah dan wajarnya dikarenakan manusia adalah makhluk hidup yang biasa, tak sama dengan malaikat dan jin. Para manusia super hiropun “like” batman, superman, wonderwoman dan lainnya pernah mengalami kegalauan layaknya manusia biasa (meski imajinasi...hehe).

Sumber: Google
Ok. Tidak penting kita membicarakan kegalauan berlarut-larut karena ia tak akan pernah ada ujungnya. Yang lebih penting itu adalah bagaimana agar kita bisa “move on” dari rasa itu dan tetap memelihara agar semangat itu tetap terjaga.

Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi tentang bagaimana agar kita bisa berpindah posisi dari semangat yang down menjadi hight kembali kemudian tetap bisa menjaga semangat tinggi tersebut. CATAT, ini  persi saya. Jadi kalau teman-teman cocok silahkan dicoba, kalau tidak cocok tidak ada paksaan untuk mencobanya....hehe

Begini, bayangkan jika semua aliran air berkumpul jadi satu, kekuatannya pasti akan bertambah besar dan super. Buktinya kita bisa saksikan efeknya dengan nyata, sunami yang mengaung, banjir bandang yang menyerang, keduanya disebabkan oleh air. Ketika air berkumpul menjadi satu, maka semangat dan kekuatannya akan jauh sangat dahsyat dibanding saat terpisah. Selama air itu menyatu maka kekuatannya akan tetap terpeliharan dan tersimpan.

Kitapun bisa memiliki kekuatan (semangat yang tetap), jika kita memahami konsepnya. Salah satunya (pengalaman saya), dengan berkumpul dengan oang-orang yang satu hobi dengan kita, yang satu kesukaan dengan kita.

Sebagai contoh, sejak tahun 2016 hingga saat ini saya sedang senang-senangnya menggeluti dunia menulis. Sebagai penulis pemula, semangat yang turun naik adalah rutiitas yang saling bergantian saya alami. Ketika semangat sedang kendor, saya biasa membuka beranda FB para penulis senior dan beberapa komunitas menulis yang saya ikuti. Biasanya setelah membaca coretan-coretan mereka,  tanpa disadari semangat kembali meningkat. Kemudian untuk memeliharanya, saya biasa merutinkan diri untuk mengikuti komunitas tersebut.

Jadi umumnya, agar semangat dalam hal apapun dari diri kita tetap terpelihara dengan baik, sering-seringlah bersilaturahmi dan berkumpul dengan orang-orang yang sehobi dengan kita. Jika kita seorang youtuber, agar semangat tetap terjaga, maka tetaplah berdiskusi dengan teman-teman senior pelaku youtuber. Jika kita seorang bloger, agar semangat tetap terjaga, maka sering-seringlah berdiskusi dengan para bloger, terlebih pada bloger yang sudah sukses. Jika kita seorang penulis (terlebih bagi penulis pemula), agat tetap semangat, sering-seringlah bergabung dan berdiskusi dengan para penulis, terlebih pada penulis senior.

Inilah kebiasaan yang biasa saya lakukan, faedahnya sangat saya rasakan. Jika ingin bukti, khusus bagi yang belum melakukan, coba lakukan dan temukan hasilnya. Hampir dapat saya pastikan semangat anda akan terus menyala-nyala.

#Salam Literasi

Post a Comment

 
Top